Bismillahhirrohmaannirrohiim,,,,,,

Rabu, 10 Maret 2010

Tips Agar Batre Laptop Tidak Meledak

Kejadian laptop meledak sudah sering terjadi. Peristiwa naas ini kebanyakan disebabkan oleh masalah baterai. Harga laptop mahal lho, lum lagi data2 penting kita didalamnya. So, guys untuk antisipasi agar laptop gak ikut-ikutan meledak, kita panteng beberapa taktik dibawah ini. Marree...
1. Jika baterai melemah dan masa operasinya berkurang drastis, misalnya yg sebelumnya bisa 5 jam mendadak tinggal 3 jam, maka waspadalah...waspadalah. Jangan coba-coba memperbaiki baterai yang sudah rusak untuk dipakai kembali. Niatnya biar irit, perbaiki dan pake lagi. Tapi, sebenarnya itu justru perbuatan berbahayyaa. Lebih baik kita langsung membeli baterai baru deh. Ga apa2 keluar duit sekarang daripada nangis bombay liat laptop kesayangan meledak?!
2. Selalu pastikan kita memakai baterai yang asli dari penjual resmi. Ingat, Cuy.. jika baterai asli saja banyak yang meledak, apalagi dengan baterai palsu. Emang sih lebih murah, tapi juga gampang rusak. Sekalian kita menghargai karya org lain. Tul ga..?
3. Kudu diingat nih, Jangan pernah mencharge baterai lebih dari 8 jam. Mengisi ulang baterai terlalu lama beresiko menimbulkan ledakan. Sederhananya begini, Cuy. Kalo nyokap goreng tempe kelamaan, bisa gosong tuh tempe! ujung2nya ga bisa dimakan khan? Nah Batre laptop juga sama, kalo kelamaan dicharge juga bisa gosong.
4.Sebelum pake laptop, tentuin dulu nih pilihannya. Mau pake laptop dengan baterai atau daya listrik. Jika baterai sudah penuh saat diisi ulang, pilih salah satu saja, jangan dua-duanya, sebab panas yg ditimbulkan oleh kedua 'energi' tsb akan membuat laptop gerah dan akhirnya, DUARRR!!
5. Pakailah charger pengisi ulang yang kompatibel dengan baterai kita. Charger yang tidak sesuai akan meningkatkan resiko overheating. (terlalu panas).
6. Simpanlah laptop ditempat yg sejuk dgn suhu ruang. Jangan letakkan laptop di area yang sangat panas, misalnya di bagasi mobil atau di bawah terik matahari. Jgn kira laptop doyan jemur2an, dikira ikan asin apa..?!
7. Jangan gaptek. Pantengin terus perkembangan teknologi. Sebab, teknologi itu terus berkembang tiap detik. Kan malu ama temen kalo ketahuan gaptek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar